Rabu, 11 Januari 2012

jual bibit nila di mataram

Assalamualikum.wr.wb
Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat adalah sentra budidaya ikan nila. Kedua daerah ini menjadi pusat pengembangan budidaya ikan air tawar terutama ikan nila dan lele dengan sistem keramba dan kolam.

Kota mataram dan Kabupaten Lombok Barat sangat cocok untuk pengembangan budidaya air tawar jenis nila dan lele karena terdapatnya sumber air yang sangat melimpah dan alhamdulillah tidak pernah mengalami kekeringan meskipun pada musim kemarau panjang sekalipun.

Sejumlah wilayah Kota Mataram cukup banyak petani yang mengelola usaha budidaya ikan nila dan lele, antara lain di Sayang-Sayang, sementara di Lombok Barat paling banyak di Kecamatan Lingsar dan Narmada.

Pemilihan ikan ini bukannya tanpa alasan. Ikan nila dipilih karena kemudahannya dalam membudidayakannya. Ikan nila lebih tahan terhadap penyakit dan memiliki toleransi yang tinggi terhadap kadar salinitas air. Itulah mengapa ikan nila dapat pula dibudidayakan di tambak yang airnya payau. Ikan mas dan karper tidak begitu dilirik oleh para pembudidaya karena membudidayakan kedua ikan ini susah dan kedua ikan ini lebih rentan terhadap penyakit.

Ikan nila dipilih oleh sebagian besar pembudidaya di daerah mataram karena kemudahannya dalam pemasaran. Ikan nila sangat disukai oleh masyarakat sekitar sehingga tidaklah sulit untuk menjualnya. Produksi ikan nila Kota Mataram baik dengan sistem keramba maupun kolam tidak hanya dipasarkan hasil produksinya ke sejumlah rumah makan dan restoran sekitar Kota Mataram saja.

menurut sumber di www.perikanan-budidaya.kkp.go.id Saat ini masyarakat di kota Mataram dan kabupaten Lombok Barat sedang giat melakukan usaha budidaya ikan nila baik dengan system karamba ataupun kolam. Masyarakat di kedua daerah ini seperti berlomba untuk membudidayakan ikan nila. Beberapa lahan persawahan di kedua daerah tersebut, kini dialihfungsikan menjadi kolam untuk memelihara ikan nila. Banyaknya bermunculan lahan-lahan baru dan pembudidaya baru tudak terlepas dari hasil penyuluhan yang telah dilakukan dinas perikanan setempat. Keberhasilan menciptakan pembudidaya dan lahan baru disebabkan pula karena permintaan akan ikan air tawar terutama nila di Nusa Tenggara Barat semakin meningkat. Permintaan ikan nila di pasar tradisional di Kota Mataram dan Lombok Barat cukup tinggi, demikian juga untuk kolam pemancingan cukup banyak membutuhkan ikan nila dan karper.

Saat ini semakin banyak pembudidaya di Kota Mataram yang membuka usaha budidaya ikan nila baik di kolam maupun menggunakan karamba yang diletakkan di pinggiran sepanjang aliran saluran irigasi karena permintaan komoditas tersebut cukup banyak terutama untuk pasar lokal.

Di kota mataram usaha budidaya ikan nila banyak dilakukan di pinggir sepanjang aliran saluran irigasi. Budidaya yang dilakukan di sini menggunakan metode kolam air deras dan karamba. Dengan memanfaatkan aliran air yang mengakibatkan pergantian air secara terus menerus, ikan nila dapat dilakukan penebaran dengan kepadatan tinggi. Banyak pembudidaya yang bermunculan di kota Mataram ini karena melihat keberhasilan para pembudidaya lain dalam melakukan usaha budidaya ikan terutama nila. Oleh karenanya tidak mengherankan bila di sepanjang saluran irigasi banyak ditemui kegiatan budidaya ikan tawar kususnya ikan nila.

Potensi pengembangan budidaya ikan air tawar, sebenarnya sangat besar. Beberapa daerah di provinsi ini terutama di Pulau Lombok memiliki sumber mata air yang banyak dan sangat cocok untuk kegiatan budidaya air tawar semacam ikan mas, nila, lele, patin dan ikan gurame. Produksi ikan air tawar provinsi ini pada tahun ini masih didominasi dari budidaya kolam dan budidaya karamba. Sementara budidaya air tawar dengan system karamba jarring apung dan minapadi belum begitu berkembang.

bagi anda masyarakat mataram yang ingin mengembangkan budidaya ikan nila namun sulit mendapatkan benih ikan dapat menghubungi kami forum kelompok tani "Abata fish" jual benih / bibit nila yang melayani pengiriman di lombok mataram ntb .
kami kelompok tani “Abata fish” akan berusaha agar dapat mengelola usaha dengan baik, berusaha mengoptimalkan iikhtiar,berusaha bermuamalah dengan benar agar tidak melanggar syariat Islam dalam masalah muamalah perdagangan.
Abata fish adalah sebuah kelompok yang beranggotakan para petani pembibitan benih bibit nila independent (tidak terikat pada kelompok tertentu ) yang tersebar hampir di seluruh Kelurahan se-Kabupaten Bantul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.Abata fish menjual benih ikan nila untuk pasar pelanggan lokal, Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya, Jawa maupun luar Jawa. Harga yang Fleksibel adalah upaya kami untuk menjalin kerjasama yang saling menguntungkan. Selain itu, kualitas bibit ikan mas selalu menjadi perhatian utama kami, karena kami menyadari bahwa bibit nila yang baik dan berkualitas adalah kunci dari keberhasilan dalam hal budidaya. Dan kami akan selalu terus berusaha meningkatkan pelayanan kepada pelanggan kami.selain melayani pengiriman di mataram kami juga melayani pengiriman bibit ikan nila antar pulau diseluruh indonesia.

Syarat dan Ketentuan.

* Pelanggan di wilayah DI Yogyakarta dan sekitarnya akan kami kirimkan langsung ke alamat tujuan.
* Pembelian bibit ikan mas dan benih nila bagi pelanggan luar Jawa /mataram minimal 1 Box(*).
Ket : (*)
*benih ikan nila ukuran 2-3 atau 3-4 cm 8.000 ek0r/box
*benih ikan nila ukuran 3-4 atau 4-5 cm 6.000 ek0r/box
*bibit ikan nila ukuran 3-5 atau 5-5,5 cm 5.000 ek0r/box
*bibit ikan nila ukuran 4-6 atau 5,5-6 cm 4.000 ek0r/box

* Pembelian bibit nila bagi pelanggan di luar pulau jawa Yang dalam kota tidak memiliki bandara, dalam hal ini harus ditempuh dengan jalan darat menuju bandara terdekat kota tersebut
* Pengiriman tidak Port to Port atau Bandara ke bandara. Artinya barang diambil di Bandara setempat
*ada batas minimum yang harus dipenuhi yaitu muatan armada angkut harus penuh sehingga biaya transportasi akan lebih efisien, mengingat sedikit atau banyak biayanya sama.

Pengiriman dan pembayaran


* Kemasan : Plastik dan Styrofoam.
* Harga sudah termasuk pengepakan, ongkos kirim dan biaya yang terkait dalam proses pengiriman.
* Pembayaran dilakukan tunai atau via transfer Bank. Nomor rekening akan kami informasikan kepada Anda via email – sms atau telepon.
Apabila ada yang kurang jelas dengan informasi di atas dapat menghubungi kami via telepon/sms di 081328030055.

semoga bermanfaat

4 komentar:

  1. gan kalau yg kemasan plastik isinya brp ekor N hrg'y brp? (ikan nila)

    BalasHapus
  2. kepada nucleon yang kami hormati..
    assalamualaikum war.wab...
    harga ikan nila saat ini -+ 95 rupiah/ekor.
    harga belum termasuk ongkos kirim.
    pengiriman di luar jogja via udara/cargo pesawat.artinya benih nila di ambil di airport.
    pemesanan 2 hari sebelumnya.dikarenakan pengurusan surat/uji virus dari dinas karantina ikan setempat dan pengurusan penerbangan.

    BalasHapus
  3. ikan nila banyak jenisnya,kalau yang kualitas lumayan menurut standar dari kami harga 1 box bibit nila ukuran 2-3 isi 7000 ekor sampai bandara mataram Rp1.265.000,-
    trima kasih..

    BalasHapus
  4. berpa harga benih ikan nila jantanisasi?

    BalasHapus