Home » » mengobati benih ikan lele berdiri atau menggantung

mengobati benih ikan lele berdiri atau menggantung

Budidaya benih lele sering dihadapkan dengan masalah teknis salahsatunya penyakit benih ikan lele yang menggantung atau berdiri di permukaan,banyak penyebab benih lele menggantung mulai dari kwalitas benih hingga kolam budidaya.para pembudidaya benih lele sangat kebingungan jika benih lele sudah mulai berdiri atau mengantung karena rata rata benih lele yang berdiri akan mati.
Pemilihan benih lele yang baik mutlak penting karena benih lele yang berkwalitas adalah salah satu dari iktiar budidaya benih ikan lele.banyak dari petani budidaya ikan lele yang tidak memperhatikan kwalitas benih lele saat membeli namun hanya mencari benih lele dengan harga murah.
Mengatasi atau mengobati benih lele yang menggantung ini memang sulit lebih baik mencegah,namun jika sudah terlanjur benih ikan berdiri kenali benih ikan lele berdiri karena apa?
Mengenali benih lele berdiri karena benih sedang sakit atau kwalitas air yang buruk  yaitu dengan cara pemberian pakan,jika benih lele tetap masih makan walau kurang nafsu berarti kwalitas air kolam yang buruk,namun jika benih ikan lele tidak mau makan berarti ikan lele sedang sakit.

Yang sering menyebabkan benih lele  menggantung yaitu:
Kwalitas air kolam yang buruk
Kadar ph air air tidak terjaga
Ikan lele sedang terserang penyakit

Cara mengatasi atau mengobati benih ikan yang berdiri
Jika ikan tawar selain benih lele jika sakit harus dihentikan pakan pelet,namun kusus benih lele tetap di beri pelet secukupnya.

Lakukan penyiponan/membersihkan air kolam agar kwalitas air bagus
Pisahkan benih ikan lele yang sakit/menggantung dengan benih lele yang masih terlihat sehat
Geprak benih bawang lalu kasihkan ke tengah benih lele yang menggantung 
Obati benih lele dengan garam atau obat yang ada di pasaran
Jika masih mau makan berikan obat benih lele di campurkan dengan pakan

Demikian cara-cara mengobati benih lele yang menggantung,cara cara pengobatan benih lele yang menggantung dapat di coba menyesuaikan penyebab benih lele menggatung.
Semoga bermanfaat.


#fery sumanto

hikmah

Hikmah 1

Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan,maka Allah akan menggantinya & Dia-lah pemberi rezeki yang sebaik baiknya(Q.S:34:39)

Sahabatku..jangan pernah ragu sedikitpun rezeki yang dikaruniakan Allah,selama ini saja kita kikir namun Allah tetap memberi rizki kepada kita apalagi kita gemar sedekah,niscaya pasti akan terjamin hidup kita

 

Hikmah 2

Dan barang siapa berpaling dari peringatan-Ku maka baginya penghidupan yang sempit(Q.S.20:124) sahabatku..dosa-dosalah yang menyempitkan hati, mari perbaiki diri dan memohon ampun atas dosa-dosa kita kepada Allah

 

Hikmah 3

jika engkau berbuat baik,berarti berbuat baik untuk dirimu sendiri dan jika engkau berbuat buruk maka perbuatan burukmu itu untuk dirimu sendiri(Q.S.17:7) tiada yang tertukar atau meleset jangan pernah salahkan keadaan atau orang lain karena semua perbuatan kita pasti kembali kepada diri kita sendiri

hikmah 4

 

Apabila telah ditunaikan sholat,maka bertebaranlah kamu dimuka bumi dan carilah karunia Allah dan ingatlah allah banyak-banyak agar kamu beruntung (Q.S.62:10)

Sahabatku..karunia Allah tak hanya berbentuk uang,bisa ilmu,hikmah,kesehatan,silaturahmi,kekuatan iman dan lain-lain. Insyaallah semua jadi ibadah

 

hubungi kami

admin : feri sumanto abu rumaysho

telp. : 081328030055
whats app : 082135662249

alamat:
pelemsewu rt 03 panggungharjo sewon bantul yogyakarta

Pengikut